Perempuan Tanah Jahanam Berhasil Jadi Film Terbaik Piala Citra 2020

Film Perempuan Tanah Jahanam berhasil keluar sebagai salah satu pemenang untuk kategori Film Terbaik di malam anugerah dari piala Citra Festival Film Indonesia 2020.tak cuma mendapatkan kategori film terbaik dalam penghargaan piala Citra namun Perempuan Tanah Jahanam  juga mendapatkan kategori Sutradara Terbaik, yang dalam hal ini adalah Joko Anwar, untuk film tersebut.

Dapatkan Kategori Film Terbaik

Selain mendapatkan penghargaan sebagai film terbaik, Perempuan Tanah Jahanam  juga berhasil menyabet beberapa nominasi togel online terpercaya yang lainnya seperti misalnya menang untuk kategori Pemeran Pendukung Perempuan Terbaik yang diberikan oleh Christine Hakim, Penata Suara Terbaik, dan juga Penyunting Gambar Terbaik.

Perempuan Tanah Jahanam  Memang masuk ke dalam film dengan Raihan nominasi paling banyak yaitu sebanyak 17 kategori nominasi. Nominasi dari piala Citra FFI 2020 pasalnya digelar di tengah-tengah padamu virus Corona ini. Film-film ini pun juga pasangnya dipilih berdasarkan dari puluhan selang yang berhak masuk ke dalam seleksi baik yang dilayangkan pada layar bioskop ataupun  debut  pada layanan  streaming karena terkendala oleh pandemi virus Corona.

Setelah nominasi diumumkan maka juri Festival Film Indonesia 2020 bakal menentukan pemenang selama kurang lebih satu bulan lamanya.

Jadi Wakil Indonesia Ke Piala Oscar 2021

Untuk anda para pecinta film Indonesia nampaknya Jangan hanya puas di sini saja karena Perempuan Tanah Jahanam (Impetigore) juga secara resmi sudah menjadi perwakilan Indonesia untuk bisa bersaing merebut piala Oskar 2021 dalam kategori best International Future Film yang dulunya bernama Best Foreign Film. 

“sesuai dengan pedoman komite seleksi Oskar di Indonesia dan juga regulasi Academy of motion picture Arts and Sciences (AMPAS), setelah dilakukan penilaian, komite menetapkan film berjudul “Perempuan Tanah Jahanam” menjadi wakil Indonesia sebagai film  pilihan di kategori International Feature Film,” ungkap Ketua Komite seleksi Oskar Indonesia Garin Nugroho pada hari Selasa tanggal 10 November 2020 yang lalu.

Alasan film tersebut terpilih karena dianggap sudah memenuhi standar kriteria seperti misalnya scenario dan juga penyutradaraan. Di sisi yang lainnya film itu juga menunjukkan nilai-nilai lokal yang bisa mempresentasikan Indonesia dalam  peralatan film terbesar di dunia itu. “ dalam film ini ada yang menarik. Mulai dari unsur-unsur yang telah teruji sampai dengan latar belakang budaya terkait dengan mistisme di Indonesia juga menjadi Swadaya tua dari film ini,” ungkap sutradara dari Kucumbu Tubuh Indahku itu. 

Dalam kesempatan itu, Garin juga mengungkapkan bahwa tidak pernah  diberikan batasan terkait dengan genre untuk film-film yang pernah diajukan ke Oscar. Menurut dirinya banyak negara yang mana memboyong film horor sebagai perwakilan resmi dari negara mereka dalam ajang Academy Awards. Seperti dilansir dari CNN Indonesia tercatat salah satu negara yang mana juga mengajukan film horor niagahoster 2020 adalah Malaysia dengan mengajukan film berjudul Roh.

“Karena tidak ada yang namanya genre kelas 1, kelas 2. Yang diperlukan adalah pencapaian dan unsur-unsur filmnya,” ungkap Garin menjelaskan.  Di Indonesia sendiri Perempuan Tanah Jahanam pun masuk banyak nominasi dari piala Citra di festival film Indonesia 2020 dan tidak hanya mendapatkan satu kategori saja, bahkan lebih dari tiga kategori seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Film karya sutradara Joko Anwar itu juga masuk nominasi pengarah sinematografi terbaik, penata efek visual terbaik, pengarah artistik terbaik, penata rias terbaik, dan masih ada kategori yang lainnya.